Mitsubishi Pajero Raih Penghargaan Sebagai Mobil Legendaris di JAHFA 2023

Rabu, 8 November 2023 | 05:53 WIB

News Image Mitsubishi Pajero 1982

Mitsubishi Motors Corporation baru saja mengumumkan bahwa Pajero generasi pertama yang rilis perdana pada 1982 memenangkan penghargaan di Japan Automotive Hall of Fame (JAHFA). Mitsubishi Pajero tersebut memperoleh predikat sebagai mobil bersejarah berkat kontribusinya terhadap kendaraan di Jepang.

Melalui berbagai pembaruan, minat terhadap Mitsubishi Pajero tidak pernah surut. Pajero generasi pertama meluncur sebagai kendaraan off road 4WD seperti halnya Jimny. Desainnya pun masih melekat dengan kesan jeep hingga akhirnya berubah sebagai SUV besar seperti sekarang.

Mitsubishi Pajero berhasil membangun dirinya sebagai pemimpin dari kendaraan rekreaksional. Terlebih sistem penggerak 4WD kala itu tengah populer di Jepang. Sejak diluncurkan, Mitsubishi Pajero telah diproduksi hingga 3,25 juta unit hingga akhirnya dihentikan pada 2021.

Pajero menjadi salah satu kendaraan andalan di Jepang. Pada tahun 1994, Mitsubishi meluncurkan seru mini car kemudian disusul tahun berikutnya dengan kompak SUV Pajero junior. Bahkan Pajero juga digunakan untuk kompetisi balapan. Kendaraan ini pertama kali mengaspal di arena balap di Rally Dakar dan meraih kemenangan pertama pada 1983.

Mitsubishi Pajero telah berkompetisi di arena balap sebanyak 26 kali hingga 2009. Bahkan kendaraan ini memperoleh 12 kali kemenangan. Sukses di lini off road, Mitsubishi Pajero akhirnya mengekspor kendaraannya lebih dari 170 negara termasuk Indonesia.

Pajero Sport menjadi salah satu kendaraan penerus Mitsubishi untuk segmen cross-country SUV. Bahkan SUV besar ini sudah terjual di 80 negara di dunia. Di Indonesia, Pajero Sport memenangkan  penghargaan sebagai 'Best All-Rounders' di Carvaganza Editors Choice Awards (CECA) 2021.

Saat ini, model Pajero Sport yang merupakan cross-country SUV meneruskan silsilah dan dijual di lebih dari 80 negara di dunia. Berdasarkan keandalan dan didukung oleh teknologi yang mendukung keramahan pada lingkungan, keamanan, ketenangan pikiran dan kenyamanan, Mitsubishi Motors terus menawarkan gaya hidup mobilitas yang memuaskan dan membangkitkan jiwa petualang pengemudi.