komparase.com

Seri Android 13 Mengalahkan Android 11 Sebagai Versi OS Paling Banyak Dipakai Saat Ini

Kamis, 2 November 2023 | 01:16 WIB
OS Android 13
OS Android 13

Baru-baru ini Google merilis statistik penggunaan distribusi software Android. Hasilnya menunjukkan adanya kemajuan dalam industri ini. Android 13 menjadi yang paling populer banyak digunaakn saat ini.

Dari data statistik Google penggunaan Android 13 naik pangsa pasarnya dari 15 persen menjadi 22.4 persen sejak adanya pembaruan lima bulan yang lalu. Hal ini menunjukkan pencapaian yang berarti karena biasanya pengguna android jarang untuk melakukan update sistem operasi. Update ini diperkirakan tidak hanya ponsel baru yang menggunakan Android 13 namun juga perangkat lama yang ada dipasaran menggunakan pembaruan ini. Posisi kedua ditempati oleh Andorid 12. namun pangsa pasarnya  turun menjadi 15.8 persen. Selanjutnya Android 11 yang masih saja populer dengan pangsa pasar 21.6 persen.

Tantangan terberat android adalah proses pembahruan yang tidak daapt dilakukan secara serempak. Erangkat lama sering menggunakan OS yang sudah bertahun-tahun tanpa adanya pembaruan ke versi yang lebih baru. Hal ini sebenarnya tidak menguntungkan pengguna mengingat kerentanan akan kemanan yang terjadi. Pasalnya pembaharuan Sistem operasi selalu akan menambal patch keamanan dari sistem operasi sebelumnya. Sehingga pengguna yang tidak melakukan pembaharuan akan memiliki masalah keamanan pada perangkat yang dipakai.

Android merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini. mulai dari ponsel, tablet, hingga perangkat wearable juga memakai android. Namun sayangnya pengguna android masih banyak yang tidak melakukan pembaharuan sistem operasi.

Pada dasrnya hal ini tidak sepenuhnya kesalahan dari para produsen ponsel Android. Karena ada jutaan ponsel yang beredar dan dikembangan oleh berbagai produsen. Rata-rata produsen cukup kesulitan untuk memenuhi standar tertentu guna melakukan pembaharuan ke versi android yang lebih baru. Namun kahirnya Google menmukan upaya untuk memecahkan masalah yang sudah lama menggangu pengguna ini. hal ini dilihat dari hasil statistik yang menunjukan peningkatan pengunaan Android 13 oleh pengguna android saat ini.

Lihat Juga Gadget 13

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini