Sudah Riset Sejak Puluhan Tahun yang Lalu, Daihatsu Bakal Luncurkan Hijet EV

Rabu, 1 November 2023 | 03:58 WIB

News Image Daihatsu Hijet EV

Daihatsu turut memeriahkan Japan Mobility Show (JMS) hingga 5 November 2023. Memamerkan beberapa kendaraan konsep, Daihatsu rupanya menghadirkan kendaraan lawas mereka, kargo Hijet.

Perusahaan menyebutkan Hijet menjadi kendaraan pertama yang dikembangkan untuk mobil listrik murni pada 1979-an. kala itu, Daihatsu Hijet belum diproduksi massal karena digunakan untuk kebutuhan internal perusahaan.

"Kendaraan kami (mobil listrik) hanya sebatas pengujian internal, bukan dijual massal. Di pameran ini juga, turut dipamerkan Hijet EV keluaran 1999 seperti yang Anda lihat sekarang ini. Jadi bicara soal mobil listrik, kami sudah memulainya sejak lama. Hijet EV dijual secara terbatas untuk fleet market bukan retail," ujar Chief Coordinator, Marketing, Sales & Promotion Daihatsu Motor Co Takao Kunita dilansir pada Rabu, 1 November 2023.

Daihatsu bakal meluncurkan kendaraan kargonya ini di Jepang pada tahun fiskal perusahaan pada 2024. Sementara Kunita menyebutkan tahun fiskal Daihatsu sampai Maret tahun depan.

"Kami berencana meluncurkan Hijet BEV di tahun fiskal ini, jadi kalau di kami (Daihatsu Motor Co) tahun fiskal sampai Maret 2024," lanjut Takao Kunita

Pada bagian depan, Hijet EV menggunakan sorot depan bertumpuk dan lampu LED sehingga memberikan penerangan yang maksimal khususnya saat malam hari. 

Hijet BEV memiliki dimensi yang cukup ringkas yakni 3.395 x 1.475 x 1.980 mm dan jarak antara sumbu roda 2.450 mm. Kendaraan ini diklaim mampu menempuh hingga jarak 200 km. Sayangnya, Daihatsu belum menjelaskan spesifikasi baterai yang digunakan. Namun, Hijet EV dibekali dengan roda penggerak Rear Wheel Drive (RWD).

Di Jepang, Daihatsu, Toyota, dan Suzuki bekerja sama untuk memproduksi kendaraan. Satu tahun terakhir, ketiga perusahaan tersebut berencana untuk mengembangkan kendaraan kargo dengan tenaga listrik murni, di antaranya Hijet EV.