Honda Prologue Resmi Meluncur Awal 2024 di Amerika Utara, Bagaimana dengan Indonesia?

Jumat, 27 Oktober 2023 | 07:56 WIB

News Image Honda Prologue

Honda pamerkan SUV pertamanya, Prologue di ajang Japan Mobility Show (JMS) 2023. Prologue rencananya bakal meluncur pada awal 2024 mendatang di Amerika Utara.

SUV Honda Prologue sudah dinantikan pecinta otomotif sejak dikenalkan pertama kali pada 2021 silam. Meski sudah hadirkan SUV elektrifikasi di CR-V, Honda hadirkan Prologue dengan desan lebih besar sehingga akan memberikan kenyamanan selama berpetualang.

Honda belum memberikan keterangan lebih lanjut negara mana saja yang bakal merasakan kendaraan ini. Kendati demikian, Indonesia menjadi negara yang kemungkinan bisa merasakan SUV listrik pertama Honda.

"Belum ada pembicaraan untuk itu (meluncurkan Prologue di Indonesia). Tapi tergantung perbincangan ke depan, perkembangan bisa berubah dengan cepat," ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy dilansir pada Jumat, 27 Oktober 2023.

Honda menjadi salah satu merek SUV yang paling laris di Indonesia. SUV yang paling banyak di jalanan Tanah Air adalah BR-V dan CR-V. Sementara Honda baru meluncurkan CR-V hybrid pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada Agustus lalu.

Honda Prologue dirancang lebih rendah dan lebar yang bertujuan untuk mengoptimalkan aerodinamis sekaligus mengurangi suara bising di dalam kabin. Terkait dimensi, Prologue memiliki jarak antar sumbu roda 121,8 inci. Hal ini lebih panjang 5 inci dibandingkan CR-V.

Didesain dengan gaya sporty, Honda menyematkan roda 21 inci. Roda ini menjadi pertama kalinya yang disematkan Honda dengan ukuran yang lebih besar.

Menariknya, Honda hadirkan teknologi canggih Google Built-in. Teknologi tersebut akan membantu pengemudi selama berkendara di antaranya bantuan dari Google Assistant, Google Maps, dan aplikasi lainnya di PlayStore.

Terkait dapur pacu, Honda Prologue menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 85 kWh. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 288 hp dan 333 lb.-ft. Dengan tenaga yang besar dan responsif, Prologue mampu melaju sejauh 300 mil (480 km). 

Honda berencana akan mengenalkan kendaraan listrik di Amerika Utara hingga 2030 dan mencapai penjualan mobil listrik sepenuhnya pada 2040. Di sisi lain, Honda akan mengenalkan 30 kendaraan listrik pada 2030 dengan target volume penjualan global mencapai 2 juta unit.