komparase.com

Tinggi Radiasi, Apple Diminta Tarik Penjualan iPhone 12

Kamis, 14 September 2023 | 11:00 WIB
iPhone 12 Pro Max
iPhone 12 Pro Max

Pemerintah Perancis meminta Apple untuk tidak memasarkan iPhone 12. Hal ini terjadi lantaran iPhone 12 ditemukan kadar radiasi yang melebihi ambang batas keamanan yang sudah ditetapkan negara. Pasalnya, radiasi tersebut bisa menyebabkan masalah kesehatan karena mampu masuk ke dalam tubuh.

Eropa sebelumnya sudah menetapkan ambang batas keamanan terkait radiasi suatu perangkat. Penemuan radiasi pada iPhone setelah Pengawas Frekuensi Radio Perancis (ANFR) melakukan pengujian radiasi terhadap ratusan produk iPhone 12. Lantas berapa gelombang radiasi yang dipancarkan iPhone 12 hingga dilarang Pemerintah Perancis? Simak ulasannya di bawah ini!

Apple Diminta Hentikan Penjualan iPhone 12

Pengujian ANFR dilakukan dengan menggenggam atau menyimpan iPhone 12 di dalam saku dalam beberapa waktu. Alhasil, Specific Absorption Rate (ASR) atau penyerapan gelombang elektromagnetik pada tubuh mencapai 5,74 watt per kilogram. Sementara standar keamanan yang ditetapkan regulasi Eropa adalah 4,0 watt per kilogram.

Pengujian lain dilakukan dengan cara meletakkan iPhone 12 berada dalam jarak 5 cm dari tubuh. Hasil menunjukkan gelombang elektromagnetik yang masuk ke dalam tubuh sebesar 2,0 watt per kilogram.

Menteri Muda Ekonomi Digital Perancis, Jean-Noel Barrot mengatakan terkait langkah awal yang bisa dilakukan oleh pengguna. Untuk mengurangi radiasi pada iPhone 12 maka pengguna bisa melakukan pembaruan perangkat lunak. Di sisi lain, Noel Barrot meminta agar Apple segera mengatasi masalah ini.

"Apabila mereka (Apple) gagal melakukan hal tersebut, saya siap memerintahkan untuk penarikan semua iPhone 12 terhadap semua warga (Perancis) dan (perusahaan) raksasa digital," ujar Jean-Noel Barrot kepada media lokal La Parisien dilansir dari Reuters pada Kamis, 14 September 2023.

Setelah pengujian ini, pengawas ANFR akan mengirim agen ke toko Apple atau distributor lainnya untuk memeriksa ponsel model tersebut. Selain itu, pengawas juga tidak menutup kemungkinan meminta kepada penjual produk tersebut melakukan penarikan iPhone 12 terhadap konsumen.

Regulator Jaringan Jerman, BnetzA menuturkan bahwa adanya larangan Pemerintah Perancis untuk menjual produk iPhone 12 lantaran kadar radiasi pada perangkat tersebut bisa berimbas pada penjualan produk di Jerman.

"Prosedur di Perancis memiliki fungsi paduan di Eropa secara keseluruhan," ujar regulator jaringan Jerman, BNetzA.

Bukan hanya BNetzA saja, pengawas Jaringan Jerman (BfS) juga mengatakan hal serupa bahwa keputusan Perancis bisa berdampak di seluruh Eropa.

Pada 2020, Pemerintah Perancis telah meminta penjual perangkat menampilkan nilai radiasi produk bukan hanya pada kemasan ponsel melainkan juga tablet hingga perangkat elektronik lainnya.

Terlepas dari radiasi yang ditemukan pada iPhone 12, Apple berhasil menyita perhatian publik setelah merilis seri iPhone 15 pada Selasa, 12 September 2023.

Lihat Juga Gadget 12

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini