komparase.com

Snapdragon 8 Gen 3 Resmi Dirilis Dengan Peningkatan AI Signifikan

Rabu, 25 Oktober 2023 | 13:00 WIB
Snapdragon 8 Gen 3
Snapdragon 8 Gen 3

Chip Snapdragon 8 Gen 3 telah resmi diluncurkan oleh Qualcomn. Chip baru ini menggunakan node 4 nm yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi ponsel pintar. Perusahaan mengklaim chip ini mampu menghasilkan peningkatan daya pemprosesan sebesar 30 persen dan memanfatakan energi 25 persen lebih tinggi dibandingkan dengan seri terdahulu.

Fitur yang paling menonjol dari chip Snapdragon 8 Gen 3 ini adalah Neural Processing Unit (NPU) yang memiliki kemampuan hampir 98 persen lebih cepat dan kinerja yang meningkat per watt sebanyak 40 persen untuk tugas AI.

Chip terbaru Snapdragon ini sepenuhnya menggunakan Ai-Engine. Qualcomn sebagai perusahaan bekerjasama dengan 20 model AI lain untuk mengembangkan produk ini. dalam hal pengambilan gambar, Snapdragon 8 Gen 3 telah diperbarui kemampuan Image Signal Processor (ISP) dengan bekerjasama Dolby HDR Photo Capture sehingga mampu menghasilkan tampilan HDR.

Arsitektur Snapdragon 8 Gen 3 Telah diubah sedemikian rupa sehingga dapat menyeimbangkan kinerja dan efisiensi. Walaupun tetap menggunakan 8 Inti Cpu (Kryo) namun konfigurasinya menjadi tiga cluster dengan aturan 1+5+3 dengan masing-masing Prime Core, 5 Performace Core dan 2 Efficiency Core. Delapan inti cpu tersebut merupakan 1 cor cortex-X4 3.3 gHz dan lima core performance dan dua efficency core masing-masing memiliki kecepatan 3.2 ghz dan 2.3 ghz.

Sektor jaringan juga mendapatkan peningkatan. Snapdragon 8 Gen 3 mendukung koneksi 5G dengan mmWave (8 carrier, 2x2 MIMO) dan sub-6GHZ (4x4 MIMO) saat menggunakan mode standalone dan non standalone. Ram LPDDR5X 4.800 Mhz dengan kapasitas 24 GB mendukung kinerja Snapdragon 8 Gen 3.

Snapdragon 8 Gen 3 akan memasuki pasar dengan kerjasama berbagai mitra ponsel pintar. Beberapa merek yang dikonfirmasi menggunakan Snapdragon 8 Gen 3 meliputi Asus, Oneplus, dan Xiaomi. Untuk Xiaomi 14 sendiri sudah mengumumkan akan merilis seri ponsel terbaru mereka dengan chip Snapdragon 8 Gen 3 ini. kemungkinan seri iQOO 12 dan Vivo X100 juga akan menggunakan Snapdragon 8 Gen 3.

 

Lihat Juga Gadget Snapdragon

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini