5 Tips Ampuh Mengatasi Ponsel Cepat Panas

Minggu, 20 Oktober 2024 | 22:40 WIB

News Image Sumber foto: vantel.ca

Ketika sedang berada di luar ruangan dengan cukup lama, ponsel cepat panas kadang terkesan menyebalkan. Anda akan menjadi serba salah untuk menggunakannya.

Ponsel yang cepat panas dan kemudian overheat itu akan membahayakan penggunanya di kemudian nanti, misalnya ponsel tersebut akan mudah meledak.

Berikut tips yang bisa Anda gunakan supaya ponsel Anda tidak cepat panas.

1. Memastikan untuk selalu upgrade aplikasi versi terbaru

Pastikan ponsel Anda rutin update aplikasi ke versi terbaru, karena dengan seperti ini bug pada aplikasi tidak menumpuk.

Aplikasi yang tidak di update biasanya akan menyimpan banyak bug menumpuk dan bug inilah menjadikan ponsel tersebut butuh kerja lebih keras dan menimbulkan panas pada ponsel.

2. Tutup aplikasi jika tidak digunakan

Aplikasi yang tidak digunakan akan tetap bekerja meski Anda sudah tidak memakainya dan diletakkan di background apps. Background apps ini akan terus bekerja jika Anda tidak menutup aplikasinya dengan benar.

Ketika background Apps berjalan, ini akan membuat daya baterai Anda mengkonsumsi banyak energi dan mudah untuk panas.

3. Charge ponsel Anda di tempat yang sejuk

Pastikan untuk charge ponsel di tempat yang jauh dari udara panas, Anda dapat charge dekat jendela, ruang ber AC atau di lantai.

Jangan charge di tempat yang tidak semestinya seperti di atas kulkas, di dapur, atau bahkan di mobil yang langsung terkena cahaya dari matahari.

4. Gunakan mode pesawat

Selalu aktifkan mode pesawat jika ponsel sedang tidak digunakan dan sedang di charge. 

Ketika ponsel berada di mode pesawat membuat mesin pada ponsel tersebut untuk istirahat bekerja. Hal ini akan membuat ponsel Anda jadi sulit untuk panas tiap saat.

5. Atur tingkat kecerahan ponsel

Tips terakhir adalah mengatur tingkat kecerahan layar. Layar yang terang akan memakan banyak energi pada ponsel. Ketika ponsel sedang digunakan dan dengan cahaya yang terang, maka ponsel akan bekerja lebih banyak dan akan berdampak pada energi yang digunakan, maka dari itu biasanya ponsel menjadi lebih panas.

Selain itu, ponsel yang cepat panas ini akan menyebabkan baterai menjadi cepat habis, baterai yang cepat habis ketika sedang tidak digunakan akan bermasalah dikemudian nanti. 

Rifa Khaerunnisa

Rifa Khaerunnisa

Writer