Perbandingan Laptop Spek Gahar. Swift Edge 16 Dengan Yoga 6, Mana Lebih Unggul?

Minggu, 20 Oktober 2024 | 11:08 WIB

News Image Acer Swift Edge 16 (kiri) dan Lenovo Yoga 6 (kanan)

Ketika seorang pekerja kreatif atau pekerja berat yang kesehariannya rendering atau pemograman yang membutuhkan aplikasi besar dengan performa cepat, hal ini mustahil digunakan melalui laptop biasa.

Maka dari itu biasanya pekerja professional memerlukan laptop sesuai bidangnya, berikut dua merek laptop yang populer di pasar dengan spek sesuai kebutuhan para pekerja professinal. Mana lebih baik?

Layar

Jika Anda ingin memiliki layar yang besar, mungkin Lenovo Yoga 6 bukanlah yang Anda cari. Acer Swift Edge 16, memiliki layar yang lebih besar dengan luas 16 inci  dengan resolusi yang lebih tinggi (4K atau Full HD tergantung model). Sangat cocok untuk multitasking dan pekerjaan kreatif.

Lenovo Yoga 6 sendiri memiliki layar 13.3 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080) dan panel IPS, menawarkan Anda sudut pandang yang baik dan warna yang akurat.

Desain dan Bodi Material

Acer mungkin kurang dalam desain dan Lenovo Yoga 6 unggul dari segi desain yang elegan dan fleksibel.

Acer Swift Edge 16 memiliki desain yang ramping dan ringan, dengan bodi aluminium yang solid. Namun, tidak bisa diputar 360 derajat seperti Yoga 6. Lenovo Yoga 6 dengan desainnya yang ramping dan bodi yang terbuat dari bahan aluminium dan kain sintetis, memungkinkan penggunaan sebagai laptop atau tablet.

Performa

Keduanya dijalankan oleh prosesor AMD Ryzen terbaru, memberikan performa yang lebih baik untuk multitasking dan aplikasi yang lebih berat. Cocok bagi Anda pekerja kreatif ataupun pekerja berat.

Daya Tahan Baterai

Sangat kompetitif antara keduanya, Swift Edge 16 dapat bertahan sampai 15 jam pemakaian jika jarang digunakan atau pekerjaan sederhana, untuk Yoga 6 dengan rata-rata mencapai 12 jam pemakaian.

Konektivitas

Swift Edge 16 lebih banyak port USB-C dengan port lengkap, sedangkan Yoga 6 memiliki segala jenis port seperti USB-A, HDMI, dan jack audio.

Harga

Secara harga, Yoga 6 dibanderol lebih murah di pasaran berbanding dengan Swift Edge 16. Hal ini juga bisa bergantung pada spek dan model terbaru dari keduanya. Kisaran keduanya hanya berbeda 2 atau 3 juta saja, dengan Swift Edge 16 seharga 16 juta rupiah dan Yoga 6 seharga 13 juta rupiah.

Jika Anda membutuhkan layar yang lebih besar dan performa yang lebih kuat, serta sering melakukan multitasking, Acer Swift Edge 16 bisa menjadi pilihan yang lebih tepat. Namun, ketika Anda mencari laptop yang ringan dan fleksibel untuk penggunaan sehari-hari dan memiliki desain yang menarik, Lenovo Yoga 6 bisa menjadi pilihan yang baik.


Rifa Khaerunnisa

Rifa Khaerunnisa

Writer