7 Cara Membuat Tampilan Desktop Lebih Rapi dan Indah

Kamis, 17 Oktober 2024 | 04:08 WIB

News Image Sumber foto: rainmeternet

Jika Anda adalah pekerja aktif yang lebih sering menatap layar PC atau laptop, memang biasanya terkesan mengganggu atau bahkan menjadi hilang semangat jika layar desktop berantakan.

Maka dari itu, penting untuk belajar mengatur, organisir, atau kustomisasi tampilan pada desktop di layar PC atau laptop Anda. Berikut sudah dirangkum hal-hal yang perlu dilakukan saat berniat untuk merapikan tampilan desktop.

1. Sembunyikan ikon desktop dan taskbar

Jika Anda penganut minimalis garis keras, menyembunyikan ikon dan taskbar akan membuat perbedaan yang sangat signifikan. Caranya sangat mudah, klik settings dan kemudian klik personalizations jika ingin menyembunyikan ikon desktop. 

Jika ingin menyembunyikan taskbar, Anda dapat klik kanan area taskbar lalu klik Taskbar Settings kemudian Anda bisa memilih untuk mengubah ke mode sembunyikan otomatis atau Automatically HIde pada taskbar tersebut.

2. Ubah tampilan desktop dengan Wallpaper baru 

Mengubah tampilan wallpaper yang semula adalah default menjadi tampilan wallpaper yang Anda inginkan. Caranya mudah, Anda tinggal balik kembali ke settings kemudian pilih background.

Anda dapat memilih untuk membuat wallpaper Anda berupa gambar statis yang Anda atau mengatur tampilan slide gambar yang dapat berubah otomatis. Microsoft juga sudah menyediakan Wallpaper mana yang diinginkan dan diupdate setiap harinya. 

3. Ganti latar belakang lockscreen

Latar belakang lockscreen biasanya muncul ketika Anda meninggalkan PC atau Laptop dalam keadaan menyala cukup lama. Layar akan berubah menjadi foto statis dan biasanya hal itu merupakan bawaan dari Microsoft atau tampilan default.

Anda bisa mengubah tampilan lockscreen sesuai yang Anda mau dengan mengatur di pengaturan. Dengan mengubah tampilan lockscreen akan menjadikan layar desktop lebih terorganisir.

4. Ganti ikon dan font 

Masih belum puas dan ingin membuat tampilan lebih baru, berbeda, nan segar? Anda dapat mengubah ikon dan jenis font yang ada untuk komputer Anda. Sebelum mengubah usahakan sudah meng-install paket font yang ingin digunakan, Anda dapat cari di internet.

Tips dari Komparase, carilah font yang sederhana atau mudah di baca, klasik. Maka dari itu, tampilan layar komputer akan menjadi lebih estetis. Caranya, masih sama di kolom settings atau pengaturan, pilih tab font, kemudian Anda dapat menggunakan font yang sudah tersedia dari Microsoft atau font yang telah Anda install.

5. Organisir tata letak desktop

Atur tata letak desktop sesuai yang Anda mau, jika Anda seorang akuntan alangkah baiknya menaruh ikon Excel di tampilan utama pada desktop, atau jika seorang designer dapat menaruh ikon PS (Photoshop).

Atur tata letak jam, audio, atau bahkan WiFi, pilih ikon mana saja yang ingin Anda letakkan di desktop supaya lebih cepat. Anda dapat memilih dokumen, aplikasi, catata, atau, kalkulator.

6. Mengatur menu-menu yang ada pada kolom Start

Kolom Start dengan ikon gambar Windows biasanya langsung muncul ikon-ikon dari banyak aplikasi bawaan Windows. Namun, terlalu banyak aplikasi tersebut tidak memungkinkan untuk memakai semuanya setiap hari.

Anda dapat hilangkan ikon yang jarang digunakan dengan cara Unpin from Start dengan klik kanan aplikasi terlebih dahulu. 

7. Install dan kustomisasi Rainmeter

Cara terakhir jika Anda merasa terlalu rumit dan kaku akan tampilan desktop serta tata letak yang terlihat general, Anda dapat menggunakan Rainmeter.

Mungkin di awal akan terasa kurang nyaman karena tampilan desktop yang sangat berbeda. Namun, ini akan menjadi kepuasan tersendiri bagi Anda. Sudah banyak sekali tutorial dan cara untuk install dan personalisasi Rainmeter di Youtube yang bisa Anda pelajari. 

Rifa Khaerunnisa

Rifa Khaerunnisa

Writer