komparase.com

6 Cara Atasi HP Android Agar Tidak Mudah Panas

Selasa, 12 September 2023 | 08:00 WIB
HP Android
HP Android

Banyak pengguna mengeluhkan ketika ponsel Android mengalami overheat atau cepat panas. Bukan hanya tidak nyaman dipakai, ponsel dengan suhu panas juga menurunkan performa sehingga sejumlah aplikasi tidak berjalan seperti semestinya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ponsel cepat panas, di antaranya penggunaan di outdoor yang terlalu lama, banyak aplikasi yang berjalan, dan sebagainya.

Melansir dari Business Insider, ada beberapa cara untuk mengatasi agar ponsel tidak cepat panas. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Charge HP Hingga 80%

Apabila suka men-charge ponsel sepanjang malam, pastikan agar ponsel tetap dingin. Untuk menjaganya tetap dingin, letakkan HP di tempat yang rata seperti lantai atau letakkan lebih rendah dibanding bantal atau tempat tidur. Namun cara ini ternyata tidak cukup direkomendasikan.

Untuk menjaga suhu ponsel tetap dingin, disarankan untuk men-charge HP tidak mencapai 100%. Sebaiknya charge ponsel hingga 70-80% lalu cabut kabel charge agar kondisi ponsel tetap dingin atau suhu netral.

2. Hindari Meletakkan Ponsel Di Bawah Sinar Matahari Langsung

Masalah yang sering terjadi hingga membuat ponsel panas adalah meletakkan di ruang terbuka atau terpapar sinar matahari langsung. Cuaca panas di musim kemarau membuat ponsel cepat panas meski tidak terpapar sinar matahari langsung.

Untuk menjaga suhu netral atau ponsel tetap dingin, hindari paparan sinar matahari langsung atau matikan ponsel untuk sementara apabila cuaca terlalu panas.

3. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Penyebab paling umum HP cepat panas adalah banyaknya aplikasi yang masih berjalan di waktu yang sama termasuk membuka web browser. Jadi, biasakan untuk menutup aplikasi secara berkala. Selain itu, tutup aplikasi yang tidak terpakai ketika men-charge ponsel.

Pengguna Android disarankan untuk menggunakan aplikasi Greenify. Aplikasi ini mampu menutup aplikasi yang tidak digunakan atau menguras baterai secara otomatis ke dalam mode hibernasi.

4. Turunkan Kecerahan Ponsel

Kecerahan (Brightness) layar ponsel rupanya juga mempengaruhi suhu perangkat. Oleh sebab itu, turunkan kecerahan layar ponsel sesuai dengan kebutuhan. Ada kalanya kecerahan ponsel yang minimal juga membuat mata terasa sakit khususnya ketika cuaca panas yang terik.

Jika masalah ini sering terjadi, bisa menambahkan dengan layar anti silau sehingga tetap nyaman ketika digunakan di tempat yang terbuka namun ingin ponsel tetap berada dalam suhu netral.

5. Update Aplikasi

Kekhawatiran seorang pengguna ketika harus update aplikasi adalah membuat performa menurun. Justru sebaliknya, aplikasi yang tidak di-update membuat performa ponsel tidak berjalan dengan baik. Apabila sudah mendapatkan pemberitahuan untuk pembaruan sebaiknya segera diperbarui.

6. Instal Anti-Virus

HP Android yang panas ternyata bisa disebabkan karena adanya virus atau malware. Untuk mengantisipasi hal ini, segera download aplikasi anti-virus.

Apakah langkah di awal tidak pernah dilakukan? Pastikan untuk melakukan hal-hal di atas untuk mengurangi suhu panas pada HP Android. Semoga membantu.

Lihat Juga Mobil Hp

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini