komparase.com

MIUI Segera Berakhir, Xiaomi Tengah Mempersiapkan Penggantinya Bernama MiOS

Selasa, 10 Oktober 2023 | 20:00 WIB
MIUI Xiaomi
MIUI Xiaomi

Produsen gadget asal China, Xiaomi tengah bersiap untuk menggantikan sistem antarmuka (UI) miliknya, MIUI. Sementara Xiaomi telah menggunakan MIUI untuk perangkatnya selama 13 tahun terakhir. Sudah ada lebih dari 564 juta pengguna yang saat ini menggunakan perangkat dengan sistem antarmuka MIUI.

Melansir dari GSM Arena, kabar ini pertama kali dilaporkan oleh Digital Chat Station. Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa Xiaomi akan mengganti MIUI dengan MiOS.  

Belum bisa dipastikan apakah Xiaomi hanya mengganti sistem antarmuka MIUI saja atau menjadikan MiOS sebagai sistem operasi yang disematkan pada perangkatnya. Pasalnya beredar rumor, Xiaomi tengah mengambil langkah untuk mengikuti jejak Huawei yang membuat OS sendiri. Seperti yang diketahui, Huawei membuat Android Open Source Project (AOSP) usai dilarang oleh pemerintah Amerika Serikat menggunakan komponen dari negaranya mulai sistem operasi Android hingga Google.

Rencananya, sistem MiOS ini tidak hanya digunakan smartphone saja melainkan juga perangkat Xiaomi lainnya seperti tablet, wearable, hingga kendaraan listrik yang sedang dipersiapkan pabrikan asal China tersebut.

Pergantian sistem antarmuka dari MIUI ke MiOS dipertegas setelah Xiaomi mendaftarkan merek dagang sistem tersebut dan pengambilalihan mios.cn di China. Tidak berhenti di situ saja, beredar kabar jika beta pengembang Xiaomi telah melakukan uji coba di Negeri Tirai Bambu. 

Sebab telah berjalan sejak 2010 dengan pengguna lebih dari 500 juta, Xiaomi harus bekerja keras untuk mengenalkan sistem MiOS. Kendati demikian, Xiaomi belum memberikan kapan MiOS akan segera diterapkan. Apakah nantinya perangkat lama bisa update ke sistem tersebut atau tidak.

Lihat Juga Gadget Xiaomi

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini