komparase.com

Apple Rilis iOS 16.6.1 Guna Cegah Serangan Pegasus Spyware, Sudah Ada di iPhone 8 dan iPad Pro

Senin, 11 September 2023 | 19:30 WIB
iPhone 8
iPhone 8

Apple tampaknya serius dalam menanggulangi kejahatan digital. Belum lama ini, Apple merilis update iOS 16.6.1 dan iPadOS 16.6.1. iOS ini bertujuan untuk mengatasi masalah malware yang belum lama ini ditemukan pada iOS 16.

Seperti yang diketahui, Pegasus spyware bug zero-day zero-click ditemukan ketika akan mengecek salah satu karyawan organisasi masyarakat sipil yang bertempat di washington DC, Amerika Serikat. Lantas bagaimana mulanya? Simak ulasannya di bawah ini!

Awal Mulai Pegasus Spyware di iOS 16

Melansir dari Forbes, para peneliti di Citizen Lab yakni bagian dari Universitas Toronto menemukan spyware bernama Pegasus di perangkat Apple milik karyawan yang berada di organisasi sipil di Washington DC. 

Lebih lanjut, spyware Pegasus ini akan mengirim sebuah lampiran melalui iMessage dengan kode tersembunyi tanpa dicurigai oleh penggunanya. Citizen Lab menyebutnya dengan BLASTPASS. Bahkan spyware tersebut sangat memungkinkan untuk mengambil alih fungsi perangkat tanpa ada interaksi dari korban.

Pegasus merupakan spyware yang dikembangkan oleh NSO Group dan sering digunakan oleh badan pemerintah. Cara kerja Pegasus adalah memata-matai pengguna dengan mengirimkan data pengguna ke server melalui foto, video, dan sejenisnya. Menanggapi hal ini, NSO Group tidak banyak berkomentar.

"Kami tidak dapat menanggapi tuduhan apa pun tanpa menyertakan penelitian pendukung," ujar pihak NSO Group dilansir dari Reuters pada Senin, 11 September 2023.

Sementara Citizen lab tidak menjelaskan secara rinci terkait celah spyware ini. Namun, spyware ini melibatkan Passkit di mana developer memungkinkan untuk memasukkan ApplePay di aplikasinya.

Beberapa hari setelah penemuan spyware Pegasus, Apple segera memperbarui perangkat iOS-nya demi keamanan pengguna. Citizen lab juga meminta untuk pengguna agar segera meng-upgrade ponselnya agar tidak ditemukan kembali kejahatan yang serupa.

Apple Rilis iOS 16.6.1

Apple telah merilis iOS dan iPadOs 16.6.1 pada perangkat iPhone 8 hingga versi terbaru. Selain itu, iOS ini juga sudah muncul di semua model perangkat iPad Pro, iPad generasi ketiga sampai yang terbaru. iPad generasi kelima hingga terbaru serta iPad mini generasi lima dan terbaru.

Apple menghimbau untuk pengguna yang disebutkan di atas untuk segera meng-update ke iOS 16.6.1 dengan cara pergi ke 'Settings', lalu klik 'General', dan dilanjutkan dengan 'Software Update'. Bagi pengguna Apple, dapat mencegah adanya spyware dengan mengaktifkan Lockdown Mode.

Ketika mengaktifkan mode ini, akses pengguna juga akan diperketat. Seperti halnya konfigurasi foto profil tidak bisa digunakan. Selain itu, perangkat juga tidak bisa didaftarkan di Mobile Device Management (MDM).

Lihat Juga Gadget Iphone

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini