Inilah Biaya Yang Harus Anda Keluarkan Saat Memasang Home Charging di Rumah

Senin, 9 Oktober 2023 | 19:16 WIB

News Image home charging pln

Maraknya mobil listrik di indonesia sehigga memunculkan banyak pertanyaan mengenai pemasangan charger listrik dirumah untuk mobil listrik dan berapa besar biaya untuk membuat instalasi tersebut.

Di Indonesia PLN merupakan perusahaan penyedia sumber listrik yang akan memberikan layanan tersebut. Pln sendiri membuka layanan untuk pengisian daya kendaraan listrik dirumah atau home charging.

Dilansir situs resmi PLN , direktur utama PLN, Darmawan Prasojo mengtakan jika setiap ada pembelian mobil listrik maka PLN akan kendatangai lokasi pembeli guna memasangkan instalasi home charging. Pemasangan ini tidak dipungut biaya apapun atau gratis.

Layanan Home Charging penting didukung untuk mempercepat elektrifkasi mobil di indonesia selain itu juga mendukung pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik. Umumnya mobil listrik digunakan untuk kebuthan sheari-hari dengan jarak tempuh kurang dari 100 km. Rata-rata kapasitas jarak tempuh mobil listrik 200 km, oleh karena itu Home Charging sangat diperlukan bagi pengguna mobil listrik dibandingkan dengan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum). SPKLU dibutuhkan hanya saat melakukan perjalanan jauh saja.

Untuk mmebuat instalasi home charging mobil listrik diperlukan sarat daya minimal 7.700 Volt Ampere (VA). PLN sendiri memberikan promo pelanggan yang disebut Super Everyday. Promo ini meliputi penyambungan baru (PB) untuk pembuatan home charging dirumah. Promo ini bahkan dapat diikuti oleh semua pelanggan Tegangan Rendah (TR) dari Fasa 1 hingga Fasa 3 dengan pelanggan TR 3 fasa daya 13.200 VA.

Promo ini membuat pelanggan dengan fasa 1 pilihan daya akhir 7700 VA akan dikenakan biaya Rp 850 dari harga normal skeitar Rp 7.9 juta. Sedangkan untuk pengguna dengan fasa 3 dengan daya akhir 13.200 VA akan diberi promo diskon harga menjadi Rp 3.5 juta dari harga normal hampir Rp 1.6 juta.

Tidak hanya itu pelanggan juga akan mendapatkan diskon harga pemakaian home charging sebesar 30 persen pada waktu jam 10 malam hingga 5 pagi. Layanan ini akan tersambung dengan Electric Vehicle Digital Service (EVDS) yang telah disiapkan oleh PLN. Dengan adanya layanan ini pelanggan dapat mengatur jaddwl isi daya mobil serta mampu melihat history pengisian daya pada mobil listrik.