Hyundai i20 2023 Resmi Meluncur, Hanya Dibanderol Rp 120 Jutaan

Senin, 11 September 2023 | 10:19 WIB

News Image Hyundai i20 2023

Hyundai Motor India Limited (HMIL) resmi meluncurkan mobil hatchback terbaru. Hyundai i20 2023 kali dibanderol dengan harga yang lebih murah dan terjangkau. Pasalnya, Hyundai sengaja menargetkan mobil untuk kalangan anak muda. Kendati demikian, mesin yang disematkan tidak main-main.

"Dibuat untuk kaum muda perkotaan, Hyundai i20 baru menjanjikan pengalaman mobilitas yang tidak tertandingi. Kami yakin bahwa Hyundai i20 terbaru tidak hanya meningkatkan aspirasi pelanggan, namun juga sejalan dengan ambisi pembeli muda India yang ingin meninggalkan jejak yang tak terhapuskan," ujar COO HMIL Tarun Gard dilansir dari Gaadiwadi pada Senin, 11 September 2023.

Mobil asal Korea Selatan ini digadang-gadang akan menjadi pesaing berat bagi Honda Amaze di kelasnya. Sebab cocok bagi anak muda, Hyundai i20 diproduksi sesuai dengan kenyamanan dalam penggunaan sehari-hari.

Mesin yang Diterapkan Hyundai i20 2023

Hyundai i20 2023 masih mengandalkan tampilan yang melancip dan tegas. Dengan mengusung konsep hatchback, i20 mempertahankan bagian grilnya yang terkesan tegas dan headlamp yang besar. Meski terkesan macho, mobil ini memberikan tampilan yang efisien disesuaikan dengan tujuan penggunaanya diperkotaan.

Menengok pada bagian dapur pacu, Hyundai i20 2023 rupanya akan menerapkan dua jenis mesin yakni transmisi manual (MT) dan otomatis (IVT). Mesin tersebut adalah 1,2 liter petrol kappa yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 84 PS dan perputaran maksimal torsi sekitar 113,8 Nm. 

Mesin tersebut ditransmisikan ke roda melalui transmisi manual lima percepatan. Sedangkan untuk transmisi IVT dengan enam percepatan. 

Sistem Keamanan Hyundai i20 2023

Bukan hanya menggunakan mesin yang tangguh selama bermanuver di perkotaan, Hyundai akan menerapkan sistem keamanan yang canggih demi kenyamanan pengendara dan penumpang. Di antaranya, mobil ini telah menyematkan enam airbags yang sudah tersimpan di setiap bangku penumpang.

Kemudian dilengkapi pula dengan Hill Assist Control (HAC), Electric Stability Control (ESM), dan Vehicle Stability Management (VSM) sebagai sistem keamanan yang standar dalam berkendara.

Sistem keamanan lain juga diterapkan pada mobil hatchback yang kini baru rilis di India ini. Itu termasuk Emergency Stop Signal (ESS), alarm burglar, reverse parking camera, Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), dan masih banyak lagi.

Hyundai i20 juga menerapkan fitur-fitur canggih lainnya seperti tujuh nature-inspired soundscapes, soket penyedia pengisian daya, tujuh Bose audio, perintah suara, Over-the-air (OTr) dan lain-lainnya.

Hyundai akan meluncurkan beberapa warna yakni Atlas White, Titan Gray, Typhoon Silver, Starry Night, Fiery Red, Atlas White + Black Roof, and Fiery Red + Black Roof.

Harga Hyundai i20 2023

Di india, Hyundai i20 2023 dibanderol dengan harga 699.490 rupee atau senilai dengan Rp 129 jutaan. Diharapkan mobil hatchback ini juga akan meluncur di Tanah Air.

Meski pemasaran Hyundai di Indonesia sedang melandai karena dalam tahap restrukturisasi, Hyundai i20 2023 dikabarkan akan meluncur di indonesia pada akhir tahun ini. Berbeda dengan yang ada di India, i20 akan rilis dengan transmisi manual yang dibanderol dengan harga Rp 240 jutaan. Hingga sekarang, belum ada tanggapan resmi dari Hyundai Indonesia terkait memboyong i20 2023.