komparase.com

Kecerdasan Buatan Memperkuat Fitur-Fitur Baru di Android: Apa Saja yang Dihadirkan Google di I/O 2024?

Senin, 20 Mei 2024 | 06:00 WIB
Android (Foto: Devops School)
Android (Foto: Devops School)

Mengutip dari Kompas Tekno, Minggu (19/5/2024) Konferensi developer tahunan Google I/O 2024 baru saja selesai digelar, dan salah satu fokus utama yang dibahas adalah kecerdasan buatan (AI). Google mengumumkan beberapa fitur AI baru yang akan dihadirkan di perangkat mobile berbasis Android. Fitur-fitur ini dirancang untuk membantu pengguna dalam berbagai aktivitas, mulai dari belajar hingga melindungi diri dari penipuan.

Membantu Siswa Mengerjakan Tugas dengan Circle to Search

Fitur Circle to Search yang sebelumnya telah tersedia di Samsung Galaxy S24 Ultra dan Google Pixel 8 kini ditingkatkan kemampuannya. Fitur ini dapat membantu siswa mengerjakan tugas sekolah, khususnya mata pelajaran fisika dan matematika.

Dengan melingkari perintah atau pertanyaan pada perangkat, siswa akan mendapatkan petunjuk langkah demi langkah untuk menyelesaikan soal. Petunjuk ini diambil langsung dari sumber materi digital atau silabus yang mereka gunakan. Google juga meningkatkan kemampuan Circle to Search untuk memahami rumus-rumus simbolik, diagram, grafik, dan lainnya.

TalkBack dengan Gemini Nano: Deskripsi Gambar Lebih Detail untuk Pengguna Tunanetra

Fitur TalkBack, yang membantu pengguna tunanetra atau memiliki keterbatasan penglihatan dalam menggunakan perangkat Android, kini diperkaya dengan kemampuan multimodal. Integrasi dengan Gemini Nano, model AI yang tertanam di Android, memungkinkan TalkBack untuk memberikan deskripsi gambar dengan lebih detail.

Peningkatan ini mengisi kekosongan informasi dalam gambar dengan lebih cepat dan efektif. Google menyebutkan bahwa pengguna TalkBack bisa menemui sekitar 90 gambar tanpa deskripsi setiap harinya.

Gemini Nano Multimodality: Interaksi Lebih Lengkap dengan AI

Gemini Nano, model AI yang tertanam di Android, mendapatkan peningkatan dengan Multimodality. Pengguna dapat menggunakan berbagai input media seperti teks, foto, video, dan suara untuk berinteraksi dengan Gemini.

Dengan Multimodality, pengguna dapat mengajukan pertanyaan, mencari informasi, dan banyak lagi, dengan cara yang lebih alami dan intuitif. Google Pixel menjadi perangkat pertama yang mendapatkan Multimodality.

Melindungi Pengguna dari Penipuan Lewat Telepon

Google juga mengumumkan fitur AI yang dirancang untuk melindungi pengguna Android dari penipuan lewat telepon. Fitur ini menggunakan kemampuan Gemini Nano untuk memberikan peringatan dalam panggilan ketika sistem mendeteksi pola-pola percakapan yang biasanya terkait dengan aktivitas penipuan.

Sebagai contoh, pengguna akan mendapat peringatan jika ada penelepon yang meminta mereka untuk segera melakukan transfer dana, membayar dengan kartu gift, atau meminta informasi pribadi seperti PIN kartu atau kata sandi.

Berkat Gemini Nano, semua mekanisme perlindungan ini dijalankan langsung di perangkat, sehingga semua percakapan pengguna tetap rahasia.

Ketersediaan Fitur-Fitur Baru

Fitur-fitur AI baru ini akan digulirkan secara bertahap ke perangkat-perangkat Android. Sebagian akan hadir perdana di seri ponsel Pixel Google. Fitur deteksi scam dijadwalkan bakal tersedia sebagai opsi opt-in menjelang akhir 2024.

Kesimpulan

Kecerdasan buatan terus berkembang dan menghadirkan berbagai manfaat bagi pengguna. Fitur-fitur AI baru yang diumumkan Google di I/O 2024 menunjukkan komitmen perusahaan untuk meningkatkan pengalaman pengguna Android dalam berbagai aspek, mulai dari belajar hingga melindungi diri dari penipuan.

 

 

Topik

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini