5 Tips Nyaman Saat Berlibur dengan Mobil Listrik

Jumat, 6 Oktober 2023 | 06:01 WIB

News Image Wuling Air EV

Menjelang akhir pekan, sebagian orang memilih untuk liburan ke puncak, pantai, atau pegunungan guna merilekskan pikiran setelah disibukkan dengan aktivitas sehari-hari. Salah satu kendaraan yang memungkinkan untuk digunskan selama berpergian seperti liburan adalah mobil listrik.

Tidak perlu khawatir, saat ini telah banyak SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) yang tersebar di banyak titik di Indonesia apabila baterai mulai habis. Lantas bagaimana liburan yang nyaman dan aman menggunakan mobil listrik? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Cek Kondisi Kendaraan

Melansir dari situs Wuling, sebelum bepergian khususnya ke luar kota, lebih baik untuk mengecek kondisi kendaraan secara mandiri di rumah atau membawa kendaraan ke bengkel. Dengan kondisi mobil yang prima akan membuat perjalanan lebih nyaman.

Sementara untuk pengisian daya, persiapkan sejak semalam sebelum melakukan perjalanan. Dengan demikian, daya akan terisi full sehingga tidak mudah berhenti ke SPKLU.

2. Siapkan Rute Perjalanan

Berlibur memang membutuhkan perencanaan yang matang termasuk rute. Hal ini berpengaruh kepada lama dan jauhnya perjalanan yang ditempuh. Dengan demikian, pengemudi bisa memperkirakan kapasitas baterai yang bakal dihabiskan.

Sebagai catatan, daya baterai cepat habis bukan hanya jauh atau lamanya perjalanan melainkan juga beberapa faktor seperti cuaca panas hingga penggunaan AC berlebih.

3. Pastikan Akses Internet Stabil

Salah satu hal yang penting ketika melakukan perjalanan untuk liburan adalah mempersiapkan akses internet. Pasalnya, internet sangat penting untuk mencari SPKLU di daerah yang dikunjungi apabila sewaktu-waktu daya baterai mobil mulai menipis.

Jaringan internet juga memudahkan untuk perjalanan seperti mengakses maps ketika mencari jalur alternatif. Tentu saja bukan masalah internet saja melainkan juga ponsel yang digunakan. Agar bisa mengakses internet maka membutuhkan ponsel. Agar daya ponsel tetap terjaga, sebaiknya bawa powerbank.

4. Siapkan Emergency Tool

Ketika melakukan perjalanan, barang-barang darurat harus disiapkan sebaik mungkin. Di antaranya harus membawa ban serep, dongkrak, kartu tol, hingga obat-obatan. Lebih baik berjaga-jaga sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.

5. Istirahat yang Cukup 

Apabila liburan memungkinkan untuk menempuh jalur tol, alangkah baiknya untuk menepi sebentar ke rest area. Dengan demikian, pengendara bisa beristirahat sejenak setelah melakukan perjalanan jauh. Di tempat ini, semua penumpang bisa makan selagi istirahat.

Setelah itu, perjalanan untuk ke lokasi liburan bisa dilanjutkan. Pastikan membawa snack dan minuman selama perjalanan.

Mobil listrik telah dilengkapi dengan keamanan canggih demi memberikan kenyamanan bagi pengendara. Dengan mobil listrik, liburan tetap menyenangkan dan aman.