Menilik Spesifikasi BYD Seal, Bagaimana Performanya?

Senin, 26 Februari 2024 | 12:15 WIB

News Image BYD Seal

Mari simak spesifikasi BYD Seal yang telah resmi hadir di Indonesia sebagai pilihan baru mobil listrik mewah.

PT BYD Motor Indonesia memang belum mengumumkan harga hingga ulasan ini dibuat, tapi telah membuka periode pre booking bagi konsumen yang berminat. Di atas kertas mobil ini berpotensi menjadi pesaing Hyundai Ioniq 6.

Varian BYD Seal

Untuk mengenal lebih dekat mobil listrik yang satu ini mari lihat pilihan varian yang tersedia. Berdasarkan informasi yang Carmudi terima ketika peluncurannya, BYD Seal diketahui tersedia dalam tiga pilihan varian, yakni Standard Range Dynamic, Extended Range Premium, dan AWD Performance.

Dilihat dari namanya mungkin sudah tergambar perbedaan dari masing-masing varian. Hal tersebut utamanya berkaitan dengan kapasitas baterai dan jarak tempuh.

Khusus varian paling atas mobil ini dilengkapi dengan sistem penggerak All Wheel Drive (AWD). Untuk diketahui, mobil ini merupakan salah satu model dari seri kendaraan Ocean yang dimiliki BYD.

Sama halnya dengan Dolphin yang juga sudah mulai dijual di Indonesia. Selain seri Ocean, BYD juga memiliki seri Dynasty untuk model-model kendaraannya yang dijual di China dan mancanegara.

Spesifikasi Eksterior BYD Seal

Berikut ini adalah data spesifikasi eksterior BYD Seal, mulai dari dimensi hingga ukuran rodanya. 

Panjang 4.800 mm

Lebar 1.875 mm

Tinggi 1.450 mm

Wheelbase 2.920 mm

Radius Putar 5.7 m

Ukuran Roda 225/50 R18 atau 235/45 R19

Dapat dilihat pada data di atas terdapat dua ukuran roda untuk mobil ini. Ukuran roda 225/50 R18 berlaku untuk varian paling bawah, yaitu Standard Range Dynamic.

Sementara itu, untuk varian tengah dan paling atas menggunakan roda 235/45 R19. Sedangkan jenis pelek yang digunakan untuk semua varian adalah bahan alloy.

Bicara desain, BYD Seal hadir dengan wajah depan yang memiliki gril tertutup seperti mobil listrik pada umumnya.

Proporsi bodi mobil ini terlihat memiliki tarikan garis yang mengalir dari depan hingga belakang. Terdapat kesan berotot di bagian kap mesin lewat adanya lekukan-lekukan di bagian tengah dan pinggirnya.

Desain lampu utamanya dibuat dengan bentuk yang sipit sedangkan lampu sein mengambil posisi terpisah di bawahnya.

Untuk body kit depan memiliki desain seperti front splitter yang terlihat cukup sporty. Sentuhan serupa juga berlaku untuk body kit di bagian belakang mobil ini.

Lampu rem dengan desain garis menyambung dari kiri ke kanan juga mengisi bagian belakang mobil ini.

Spesifikasi Interior BYD Seal

Mobil ini bakal mengisi segmen mobil listrik premium di Indonesia. Oleh karena itu interiornya juga terbilang mewah.

Salah satu hal yang cukup mencolok ialah keberadaan layar head unit 15,6 inci yang posisinya bisa diatur horizontal ataupun vertikal.

Sementara itu untuk panel instrumennya juga sudah digital dengan menggunakan layar berukuran 10,25 inci. Kedua hal yang disebutkan itu bisa ditemui pada setiap varian BYD Seal.

Namun, tentunya juga terdapat perbedaan, contohnya material yang digunakan untuk membungkus kabin. Hanya varian tengah dan atas yang mendapatkan kulit asli sebagai pembungkus jok dan lingkar setir.

Semua varian juga memiliki pengaturan jok elektrik 8 arah untuk pengemudi dan 6 arah untuk penumpang depan.

Namun, hanya varian tengah dan paling atas yang memiliki fitur lumbar support electric untuk bangku pengemudi.

Hal ini juga berlaku untuk fitur memory seat.

Spesifikasi Motor dan Baterai BYD Seal

Menurut lembar spesifikasinya, BYD Seal sudah menggunakan teknologi Blade Battery yang memiliki keunggulan antara lain tipis dan lebih aman.

Terdapat perbedaan kapasitas baterai untuk varian paling bawah dibandingkan varian tengah dan paling tinggi.

Secara umum BYD Seal memang menawarkan jarak tempuh yang jauh untuk ukuran mobil listrik di Indonesia. Varian tengah mobil ini justru menawarkan jarak tempuh yang lebih jauh dibandingkan varian paling atas.

Padahal kapasitas baterai yang dimilikinya sama-sama 82,56 kWh. Kemungkinan sebabnya karena varian atas menggunakan dua unit motor elektrik untuk mendukung kerja sistem AWD.

Alhasil, konsumsi listriknya menjadi lebih boros. Namun, dengan tenaga dan torsi melimpah, varian paling atas jelas memiliki performa tertinggi dengan klaim akselerasi 0—100 km/jam hanya dalam 3,8 detik.

Dalam hal pengecasan semua varian mobil ini menggunakan charging port AC Type 2.

Selain itu, BYD Seal juga memiliki charging port DC CCS 2 110 kW untuk varian paling bawah dan DC CCS 2 150 kW untuk varian tengah dan paling atas. Kemudian untuk fungsi V2L bisa ditemui pada semua variannya.

Fitur-Fitur

BYD Seal memiliki fitur yang tergolong lengkap bahkan untuk varian paling rendahnya. Semua varian mobil ini sudah memiliki fitur keselamatan aktif yang jamak ditemui pada mobil-mobil modern saat ini.

Contohnya, Adaptive Cruise Control (ACC), Automatic Emergency Braking (AEB), Lane Departure Warning (LDW), Lade Departure Prevention (LDP), Emergency Lane Keeping Assist (ELKA), Intelligent Cruise Control (ICC), Predictive Collision Control (PCC), dan masih banyak lagi lainnya.

Selain fitur keselamatan, pengemudi juga akan dimanjakan fitur yang bersifat hiburan atau kepraktisan.

Contohnya, NFC Card Key, Wireless Phone Charger, atau sistem audio yang didukung dengan 12 unit speaker. Fitur-fitur yang disebutkan tersebut berlaku untuk semua varian BYD Seal.

Demikian ulasan tentang spesifikasi BYD Seal yang hadir sebagai pilihan baru mobil listrik mewah di Indonesia.

PT BYD Motor Indonesia memang belum menginformasikan harga mobil ini, tapi sudah membuka periode pre booking bagi konsumen yang berminat.

BYD Seal memiliki spesifikasi yang terlihat bisa diandalkan dengan jarak tempuh terjauhnya mencapai 650 km dengan metode NEDC.