komparase.com

Samsung Galaxy S24 Ultra Ternyata Tak Seringan Dugaan Meski Berbadan Titanium

Jumat, 19 Januari 2024 | 18:00 WIB
Samsung Galaxy S24 Ultra. (Sammobile)
Samsung Galaxy S24 Ultra. (Sammobile)

Samsung Galaxy S24 Series akhirnya hadir! Jajaran ponsel ini ada tiga, yakni Galaxy S24, Galaxy S24+, dan Galaxy S24 Ultra.

Ketiga ponsel tersebut memiliki layar yang lebih cerah, kamera yang lebih baik, kinerja yang lebih cepat, dan masa pakai baterai yang lebih lama. Namun, hanya yang paling mahal dari ketiganya, Galaxy S24 Ultra, yang mendapatkan bahan yang lebih tahan lama.

Galaxy S24 Ultra menjadi smartphone pertama Samsung yang menggunakan material titanium pada bodinya. Rel samping ponsel menggunakan bahan titanium. Bagian depan perangkat dilindungi menggunakan Gorilla Glass Armor, sedangkan bagian belakangnya dilapisi oleh Gorilla Glass Victus 2.

Terlepas dari ekspektasi banyak orang, Galaxy S24 Ultra tidak jauh lebih ringan dibandingkan Galaxy S23 Ultra meskipun berbahan titanium. Galaxy S24 Ultra memiliki berat 232g, hanya 2g lebih ringan dari Galaxy S23 Ultra.

Kesalahpahaman ini mungkin berasal dari pengurangan berat drastis (20g) yang diterima iPhone 15 Pro dibandingkan iPhone 14 Pro setelah beralih ke bahan titanium. Apple menggunakan baja tahan karat pada ponsel sebelumnya, dan lebih berat daripada aluminium yang digunakan Samsung pada ponselnya.

Jadi, peralihan dari baja tahan karat ke titanium mengakibatkan penurunan bobot iPhone baru secara drastis. Namun, Samsung sudah menggunakan bahan aluminium yang lebih ringan untuk ponsel kelas atas hingga Galaxy S23 Ultra.

Titanium lebih kuat dari aluminium, bukan lebih ringan, sebut Sammobile. Jadi, Galaxy S24 Ultra lebih kuat dibandingkan Galaxy S23 Ultra, dan di situlah letak keunggulannya. Secara teori, ini akan bertahan lebih baik terhadap jatuh, tetapi itu pun tergantung pada sudut dan metrik jatuh lainnya.

Galaxy S24 dan Galaxy S24+ masih menggunakan rangka Armor Aluminium, mirip dengan pendahulunya. Jadi, keduanya tidak jauh lebih kuat dibandingkan Galaxy S23 dan Galaxy S23+. Lihat video praktis kami tentang Galaxy S24, Galaxy S24+, dan Galaxy S24 Ultra di bawah.

Lihat Juga Gadget S24

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini