komparase.com

Mengenal Kamera Leica yang Digunakan Xiaomi

Kamis, 28 September 2023 | 21:00 WIB
Xiaomi 13T dengan Kamera Leica
Xiaomi 13T dengan Kamera Leica

Kamera Leica dikenal sebagai jenis kamera yang menghasilkan foto yang tajam dan bokeh. Jika khawatir dengan harga kamera yang mahal, rupanya jenis kamera ini sudah diterapkan di beberapa ponsel Android.

Xiaomi 13T Series merupakan salah satu ponsel flagship yang menerapkan kamera Leica. Sebenarnya apa itu kamera Leica? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Sejarah Kamera Leica

Melansir dari The Independent Photographer, kemunculan kamera Leica berawal dari insinyur optik asal Jerman, Ernst Leitz yang merasa kesal karena kamera tidak bisa dipakai secara dinamis lantaran ukurannya yang besar.

Alhasil pada 1914, Leitz membuat prototipe Leica menyerahkan kendalinya kepada seorang ahli kacamata sekaligus fotografer, Oskar Barnack. Kemudian Oscar membenamkan lensa anastigmat yang dibuat Leitz dengan 50mm. Prototipe milik Leitz akhirnya terpakai dan menamakan kamera tersebut dengan kamera UR-Leica.

Kemunculan UR-Leica menjadi gebrakan baru di dunia fotografi saat itu karena memiliki ukuran yang lebih kecil dan mudah digenggam. Akhirnya prototipe kamera Leica disempurnakan dan diluncurkan untuk pertama kalinya pada 1925.

Xiaomi Gandeng Leica untuk Ponselnya

Xiaomi pertama kali menggandeng Leica untuk kamera ponselnya ketika merilis ponsel Xiaomi 12S Ultra pada Juli 2022. Untuk pertama kalinya, Xiaomi menggandeng Leica. Dengan demikian, fitur kamera tersebut bisa menciptakan gambar yang tajam layaknya hasil jepretan dari kamera profesional. 

Kamera utama Xiaomi 12S Ultra menggunakan lensa dengan resolusi 50 MP dan didukung dengan kamera tele dan ultra-wide 48 MP. Xiaomi ternyata membawa kembali kamera Leica untuk ponsel terbarunya, Xiaomi 13 T series.

Produsen ponsel asal Tiongkok ini membenamkan tiga kamera untuk bagian belakang. Pada kamera utama menggunakan lensa beresolusi 50 MP disertai kamera tele 50 MP dan kamera ultra-wide 12 MP. 

Xiaomi 13T dan 13T Pro sama-sama dibekali fitur Leica Authentic Look dan Leica Vibrant Look Profile Authentic Look. Pada fitur Leica Vibrant Authentic bertujuan agar mempertajam warna, bayangan gambar yang diperhalus hingga detail yang semakin dipertajam.

Sementara fitur Leica Vibrant Look Profile Authentic bertujuan untuk menangkap emosi suatu momen dan warna yang hidup namun tetap terkesan natural. Dengan demikian hasil gambar yang dimunculkan akan terkesan lebih estetik.

Sebelum Xiaomi, produsen ponsel yang pertama kali membenamkan fitur kamera Leica adalah Huawei pada P30 Pro yang diluncurkan di tahun 2019. P30 Pro kala itu menggunakan kamera utama 40 MP, kamera ultra-wide 20 MP, dan kamera tele 8 MP.

Lihat Juga Gadget Xiaomi

Komentar

Berita

Telah Dipilih

Silahkan Pilih yang Lain.

x

Belum memiliki akun? Daftar di Sini