Cara Cek Penyebab Baterai Hp Android Mendadak Cepat Habis

Kamis, 28 September 2023 | 01:14 WIB

News Image setting baterai android

Mungkin anda pernah merasa tiba-tiba baterai ponsel android cepat habis padahal anda baru sebentar mengoperasikan hp. Jika mengalami hal ini sebaiknya segera periksa penggunaan baterai dari aplikasi yang ada di ponsel.

Beberapa aplikasi bisa mengkonsumsi daya baterai cukup besar. Bahkan aplikasi yang dijangkiti malware juga bisa menyedot baterai ponsel. Oleh karena itu sebaiknya kita harus memastikan terlebih dahulu aplikasi mana yang menyedot banyak daya baterai.

Nah jika anda ingin memeriksa mana saja aplikais yang mengahbsikan baterai anda berikut ini langkah-langkahnya:

·         Buka menu pengaturan atau setting

·         Pilih menu baterai

·         Periksa detail aplikasi masing-masing ( biasanya akan terlihat gambar aplikasi dan seberapa banyak aplikasi tersebut mengkonsumsi baterai)

·         Nanti akan terlihat aplikasi apa yang memakan banyak baterai

·         Selanjutnya anda bisa mencopot atau unisntal aplikasi tersebut

Ada dua alasan umum yang menyebabkan aplikasi pada ponsel android dapat menghabiskan banyak baterai. Pertama, biasanya karena aplikasi tersebut tidak update. Siapa sangka justru aplikasi yang tidak update justru menghabiskan banyak baterai. Kadang kita malas melakukan update aplikasi karena takut untuk memenuhi memori ponsel. Padahal update aplikasi justru sangat bermanfaat bagi pengguna ponsel.

Aplikasi yang tidak di update tersebut justru menimbulkan bug yang menyebabkan baterai akan terkuras habis. Oleh karena itu anda perlu memeriksa kembali aplikasi dan melakukan pembaharuan aplikasi agar bug tersebut dapat di atasi dan kinerja aplikasi kembali meningkat.

Alasan kedua biasanya karena aktivitas aplikasi yang berada di belakang layar terus-menerus hidup. Aplikasi yang aktif pada latar belakang (background) untuk memperbarui konten aplikasi mengkonsumsi daya baterai yang besar.

Guna menyiasati hal in anda dapat menokaktifkan latar belakang aplikasi tertentu sehingga dapat menghemat penggunaan baterai ponsel anda. Jika anda sudah melakukan pemeriksaan seperti ini namun ternyata ponsel anda masih boros baterainya, bisa jadi disebabkan oleh hal lain seprti adanya malware. Sebaiknya anda segera memastikan keamanan data ponsel anda.