Vinfast Bakal Pamer Bus Listrik di IIMS 2024

Selasa, 30 Januari 2024 | 08:40 WIB

News Image VinBus

Vinfast dipastikan akan menjadikan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 sebagai panggung perdana di Indonesia. Tidak hanya menampilkan mobil-mobil buatannya, pabrikan asal Vietnam ini juga bakal memboyong bus di pameran otomotif tahunan tersebut.

"Kami akan memamerkan bus listrik VinBus di kawasan Outdoor IIMS 2024," kata Direktur penjualan dan jaringan PT VinFast Automobile Indonesia, Surachman Nugroho, dikutip dari Antara.

Dengan hadirnya bus listrik mereka di tanah air, VinFast seolah ingin membuktikan komitmennya untuk industri otomotif di Indonesia dan ingin membuktikan bahwa perusahaannya mampu menghadirkan berbagai macam jenis kendaraan.

VinBus yang merupakan besutan dari VinBus Ecology Transport Service Limited Liability Company bukanlah barang baru. Kendaraan komersial elektrik ini sejatinya sudah ada sejak 2021 yang lalu dan jalur pertamanya adalah di Vinhomes Ocean Park (Gia Lam).

Cocok buat Bus Listrik Transjakarta

Bus ini memiliki peluang untuk digunakan sebagai armada Transjakarta. Mengingat dari segi ukuran tidak jauh berbeda dengan bus-bus yang sudah digunakan sekarang.

Surachman juga menerangkan bus listrik besutan dari Vin Grup ini akan memberikan kenyamanan yang luar biasa kepada para penumpang di dalamnya. Bus listrik ini sudah dilengkapi dengan sistem otomatis yang dapat mengontrol perilaku para pengemudi dan juga terdapat sebuah teknologi yang dapat memberikan peringatan bahaya.

Selain itu, bus listrik ini juga sudah memiliki teknologi atau mode penurunan otomatis tubuh kendaraan yang sangat cocok untuk penumpang orang tua, anak-anak, difabel, wanita hamil, pun dilengkapi jaringan wifi gratis hingga layar hiburan.

VinBus ini hadir dengan perbekalan yang cukup untuk dijadikan kendaraan transportasi umum. Pasalnya, transportasi umum bebas emisi ini hadir dengan baterai berkapasitas 281 kWh dengan laju hingga 220-260 km. Bus ini juga sudah mengadopsi pengisian cepat yakni hanya butuh waktu 2 jam, baterai akan terisi penuh.