Mobil Hybird Lebih Laris dari dari Mobil Listrik, Ini Komentar Toyota

Minggu, 28 Januari 2024 | 05:56 WIB

News Image Mobil Hybird Toyota

Toyota Astra Motor (TAM) beranggapan mobil hybrid merupakan kendaraan elektrifikasi yang dibutuhkan masyarakat Indonesia sehingga tercermin pada hasil penjualannya yang meningkat lebih 500 persen selama 2023, jauh lebih tinggi dari hasil mobil listrik.

Total penjualan mobil hybrid pada 2023 sebanyak 54.179 unit berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Catatan ini melonjak 523 persen atau naik lima kali lipat dari 2022.

Sementara mobil listrik pada 2023 cuma terjual 17.051 unit, hanya naik 40 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Ini kemungkinan besar terjadi karena memang kembali lagi ke kebutuhan mobilitas masyarakat," kata Anton Jimmy, Direktur Pemasaran TAM.

"Mobil Hybrid ini memang pada dasarnya tidak mengharuskan pengguna untuk mengubah kebiasaan mobilitasnya. Tapi, tentu dengan tambahan value yang cukup banyak seperti mobil yang lebih efisien, ramah lingkungan, nyaman dan performa yang meningkat berkat penggunaan mesin bensin dan motor listrik," ujar dia lagi.

Mobil hybrid, yang menggendong mesin pembakaran dalam dan juga baterai, tak terlalu membutuhkan infrastruktur pengecasan umum seperti SPKLU. Mobil jenis ini tetap mengisi bensin di SPBU dan menghasilkan emisi, tetapi kadarnya jauh lebih kecil ketimbang mobil konvensional.

Mobil hybrid juga punya kelebihan harganya relatif lebih murah ketimbang mobil listrik.

Sementara mobil listrik memang tak menghasilkan emisi, tetapi sangat mengandalkan SPKLU untuk perjalanan jarak jauh.

Anton beranggapan mobil hybrid saat ini masih menjadi pilihan tepat buat kebutuhan masyarakat yang bervariasi.

Toyota banyak menyumbang penjualan mobil hybrid pada tahun lalu. Innova Zeniz Hybrid adalah mobil hybrid terlaris 2023 dengan catatan penjualan 27 ribuan unit.

Selain itu Yaris Cross Hybrid, Corolla Cross Hybrid, Camry Hybrid dan Lexus ES300h masuk dalam daftar 10 mobil hybrid terlaris di Indonesia pada 2023.

Model hybrid terlaris lainnya adalah Suzuki XL7 Hybrid, Suzuki Ertiga Hybrid, Honda CR-V e:HEV, Wuling Almaz Hybrid dan Nissan Kics e-Power.